Posts Subscribe to InFoGauLComments

Online

make own

.: Blog Maharani :.

.: Salam Blogger :.
"Dibutuhkan kedewasaan untuk memahami pemikiran orang dewasa. Dan masalah adalah jalan untuk mendewasakan diri.."
Selengkapnya tentang saya

Dyah Anindya

Dyah Anindya

Ya Allah
"..kupasrahkan segala jiwa dan raga ini hanya milikMu kutahu sesungguhnya apa yang telah Engkau takdirkan adalah yang terbaik dalam realita hidup dan matiku karana Engkau Maha Mengetahui segala yang terbaik bagiku..."

FIND ME ON..

mybloglog twitter facebook HOME
Info

Sanjaya

Dalam wiracarita Mahabharata, Sanjaya (Dewanagari: संजय; IAST: Sañjaya) adalah putra Gawalgana. Dalam struktur pemerintahan Hastinapura, Sanjaya adalah seorang penasihat, sekaligus kusir pribadi Raja Dretarastra. Sanjaya diberkati penglihatan istimewa oleh Resi Byasa, sehingga ia mampu melihat kejadian yang jaraknya amat jauh. Keahlian tersebut digunakannya untuk melaporkan kejadian-kejadian di medan perang Kurukshetra secara langsung kepada Dretarastra.

Sanjaya juga menyaksikan percakapan antara Kresna dan Arjuna, sesaat sebelum perang di Kurukshetra meletus. Percakapan antara Kresna dan Arjuna dikenal sebagai Bhagawadgita. Dalam kitab Bhagawadgita, terdapat kata Sanjaya uvāca (संजय उवाच; berarti "Sanjaya berkata") yang mengawali dialog antara Kresna dan Arjuna. Jadi percakapan dalam Bhagawadgita merupakan percakapan secara tidak langsung yang dituturkan kembali oleh Sanjaya.

Arti nama
Dalam bahasa Sanskerta, nama Sanjaya secara harfiah memiliki arti "Sang pemenang" atau "Orang yang berjaya".

Authorimage

Di Publish Oleh : Maharani Dyah A
Pada Hari : Selasa, 24 November 2015
Kategori :

0 komentar:

Posting Komentar

 

.: Live Traffic :.

.: Fans Box :.

.: Follower :.